Monday, September 21, 2015

Perbedaan Cuaca dan Iklim

A. Cuaca
Cuaca terdiri dari seluruh fenomena yang terjadi di atmosfer Bumi atau sebuah planet lainnya. Cuaca biasanya merupakan sebuah aktivitas fenomena ini dalam waktu beberapa hari. Cuaca rata-rata dengan jangka waktu yang lebih lama dikenal sebagai iklim. Cuaca terjadi karena suhu dan kelembaban yang berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Perbedaan ini bisa terjadi karena sudut pemanasan Matahari yang berbeda dari satu tempat ke tempat lainnya karena perbedaan lintang bumi.


B. Iklim
Iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Pengaruh posisi relatif matahari terhadap suatu tempat di bumi menimbulkan musim, suatu penciri yang membedakan iklim satu dari yang lain. Perbedaan iklim menghasilkan beberapa sistem klasifikasi iklim.

Berdasarkan posisi relatif suatu tempat di bumi terhadap garis khatulistiwa dikenal kawasan-kawasan dengan kemiripan iklim secara umum akibat perbedaan dan pola perubahan suhu udara, yaitu kawasan tropika (23,5°LU-23,5°LS), subtropika (23,5°LU-40°LU dan 23°LS-40°LS), sedang (40°LU-66,5°LU dan 40°LS-66,5°LS), dan kutub (66,5°LU-90°LU dan 66,5°LS-90°LS).

C. Perbedaan Cuaca dan Iklim
Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.

Iklim merupakan suhu rata-rata udara dalam waktu lama pada daerah yang sangat luas.
Ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.

Kondisi cuaca dipengaruhi oleh:
1. Angin
2. Suhu udara
3. Kelembaban udara 
4. Tekanan udara                      
5. Curah hujan
6. Letak suatu daerah

Macam-macam kondisi cuaca, antara lain, cerah, berawan, dingin, berangin, dan hujan.




Iklim di belahan bumi















No comments:

Post a Comment